kimia · literasi · Tak Berkategori

6 Fakta Keren SAINS yang Mungkin Tidak Kamu Pelajari di Sekolah

Tulisan terjemahan dari http://www.sciencealert.com ditulis oleh Fiona Macdonald (Judul Asli: 13 Wild Science Facts You Probably Didn’t Learn in High School)

Kita sudah belajar tentang SAINS yang menakjubkan di SMA, seperti teori relativitas Einstein, Tabel Periodik, dan Replikasi DNA.

Pengetahuan yang kita dapatkan itu akan menjadi pondasi dasar untuk semua hal lain yang akan kita pelajari selanjutnya. Tapi, sains sejatinya tidak berhenti saat SMA, dan sekali kamu melanjutkan pelajaran tentang sains ke tingkat berikutnya, sains akan menjadi sangaaat menarik!

Berikut beberapa fakta menakjubkan yang akan membuatmu tercengang tentang sains yang tidak dipelajari di sekolah, tapi kita harap kita belajar tentangnya. Karena kita pasti akan lebih memperhatikan penjelasan guru di kelas jika para guru membagikan beberapa pemikiran ini di kelas!

Catatan tambahan: jika ternyata kamu benar mempelajari semua ini di kelas, berarti gurumu itu sangat keren dan kamu harus bilang ke gurumu tentang kekerenannya!

1. Air dapat mendidih dan membeku di waktu yang bersamaan

Serius! Ini disebut triple point atau poin triplet, dan ini terjadi ketika temperatur atau suhu dan tekanan tepat untuk ketiga fase (yaitu gas, cairan, dan padatan) senyawa untuk mencapai kesetimbangan termodinamik. Video ini menunjukkan sikloheksana di sebuah vakum.

2. Sinar laser dapat terperangkap di air terjun

Yaa. Bukan hanya ini menjadi sebuah contoh terkeren dari total internal reflection, tetapi juga menunjukkan bagaimana kerja kabel optik fiber mengarahkan aliran cahaya.

3. Kita memiliki pesawat luar angkasa yang meluncur menuju ujung tata surya kita sangat, sangat cepat

Kita semua tahu bahwa roket itu cepat, dan ruang angkasa itu besar. Tapi, kadang ketika kita berbincang tentang seberapa lama dibutuhkan untuk kita sampai ke tempat jauh di tata surya kita (8 bulan ke Mars, serius?!), kita merasa bahwa pesawat ruang angkasa kita hanya merangkak di luar sana.

Gif ini menunjukkan seberapa salahnya pemikiran kita dengan membandingkan kecepatan New Horizons Probe, yang terbang melalui Pluto tahun lalu, dengan blackbird 748 dan SR-71.

4. Sebuah telur tampak seperti ubur-ubur edan di bawah air

Telur retak di daratan dapat membuat berantakan, tetapi 18 meter (60 kaki) di bawah permukaan laut, tekanan pada tekur 2,8 kali daripada tekanan atmosfir dan menjadikan telur utuh seperti cangkang telur transparan.

5. Kamu dapat membuktikan teori pitagoras dengan cairan

Tidak paham ketika guru matematikamu menjelaskan bahwa a2+b2=c2? Kamu dapat membuktikannya dengan cairan!

6. Ketika kamu memutar bola saat menjatuhkannya maka bola akan terbang

Maksudnya, itu benar-benar terbang. Terima kasih kepada efek magnus, yang terjadi ketika udara di bagian sisi depan objek bergerak sama dengan arah putarannya, yang berarti ia ikut terbawa dengan objek kemudian membelok kembali/terjadi pembelokan.

Sementara, udara di sisi lain bola bergerak ke arah sebaliknya sehingga aliran udara terpisah. Tonton Veritasium yang menjelaskan lebih baik:

https://youtu.be/2OSrvzNW9FE

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s