Mekanisme Resisten Antibiotik

Menurunkan Permeabilitas

Bakteri resisten membuat membrane mereka lebih kurang permeable untuk mencegah masuknya antibiotic. Contohnya: resistensi ditunjukkan oleh sejumlah bakteri Gram-negatif terhadap antibiotic betalaktam.

Pompa Efluks

Pada beberapa bakteri, pompa efluks dikembangkan ketika antibiotic memasuki sel, yang membuang antibiotic keluar sel. Resisten tipe ini tampak pada bakteri resisten tetrasiklin.

Mengubah Target

Beberapa bakteri menjadi resisten dengan memodifikasi target yang akan diikat dan ditindak oleh antibiotic. Sebagai contoh, ketika struktur dari protein pengikat Penisilin (Penicillin binding protein) pada bakteri diubah, penisilin tak lagi dapat terikat pada protein itu. Ini membuat penisilin tidak efektif.

Inaktivasi Antibiotik

Beberapa bakteri memproduksi enzim yang merusak struktur antibiotic sehingga tidak dapat bekerja. Sebagai contoh, bakteri memproduksi enzim beta-laktamase, enzim yang menginaktifkan antibiotic beta-laktam seperti penisilin.

Mengubah Jalur Metabolisme

Bakteri mengubah beberapa proses metabolic dan menjadi resisten kepada antibiotic yang bekerja pada jalur tersebut. Sebagai contoh, bakteri resisten sulfonamide tidak membutuhkan PABA untuk sisntesis asam folat. Sebagaimana sel mammalian, mereka secara langsung menggunakan asam folat bentukan sebelumnya (preformed).
Sumber: http://microbeonline.com/antibiotic-resistance-origin-causes-mechanism/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s