Penyebab dan Persebaran Resisten Antibiotik

Kemunculan resisten antibiotic utamanya disebabkan oleh penyalahgunaan atau kelebihan penggunaan antibiotic. Beberapa penyebabnya disebutkan sebagai berikut:

Example-of-How-Antibiotics-Spread
Contoh bagaimana antibiotik menyebar (sumber: CDC)

Penggunaan Antibiotik Sembarangan

Antibiotik ditemukan digunakan secara sembarangan, seperti mengonsumsi antibiotic yang salah atau dosis kurang tepat dan juga durasi waktu konsumsi yang kurang tepat; pasien tidak mengonsumsi antibiotic secara menyeluruh, mereka berhenti menggunakan antibiotic saat merasa sudah baik, menggunakan antibiotic untuk penyakit yang disebabkan oleh virus, dll. Penyalahgunaan tipe ini mengarah pada peningkatan resistensi antibiotic.

Antibiotik untuk Penggunaan Non-medis

Antibiotik juga diberikan kepada hewan untuk pencegahan penyakit dan mendorong pertumbuhan. Antibiotik ini dipaparkan pada sejumlah besar hewan dan begitupula bakteri, untuk jangka waktu yang panjang, dan pada dosis rendah. Hal ini mengarahkan pada evolusi resistensi. Mengkonsumsi hewan sebagai makanan atau kontak langsung dengan hewan ini, manusia akan mendapatkan bakteri resisten. Bakteri resisten antibiotic dari rumah sakit, peternakan unggas, atau tempat lain tersebar di lingkungan. Bakteri ini menyebabkan penyakit infeksi yang sulit ditangani

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s