Elektroforesis Gel: Pengertian dan Prinsip

Apa itu elektroforesis gel?

Elektroforesis adalah sebuah teknik yang biasa digunakan di laboratorium untuk memisahkan campuran DNA, RNA atau protein berdasarkan ukuran molekulnya. Pada elektroforesis gel, molekul yang ingin dipisahkan didorong oleh medan elektrik melalui sebuah gel yang berpori kecil.Molekul akan berjalan nelalui pori dalam gel pada kecepatan yang berbanding terbalik dengan panjangnya. Artinya, molekul DNA yang lebih kecil akan melalui jarak yang lebih jauh melalui gel daripada molekul DNA yang lebih besar.

Untuk memahami fungsi aplikatif dari elektroforesis, ia memiliki kesamaan dengan kromatografi yaitu untuk memisahkan komponen zat tertentu untuk dianalisis lebih lanjut, namun dalam hal elektroforesis ia memanfaatkan prinsip medan elektrik untuk memisahkan molekul yang berbeda ukuran. (Catatan penulis)

Prinsip Elektroforesis

chapter26-12-728

Seperti yang sebelumnya disebutkan, elektroforesis gel melibatkan medan elektrik; mudahnya, medan ini dibuat dengan satu ujung gel memiliki muatan positif dan pada ujung lainnya bermuatan negatif. Karena DNA dan RNA bermuatan negatif, ia akan tertarik menuju medan yang bermuatan positif. Namun untuk protein yang tidak bermuatan negatif, jika peneliti ingin memisahkan protein menggunakan elektroforesis gel maka pertama-tama protein harus dicampur dengan deterjen yang disebut Sodium Deodecyl Sulfate. Perlakuan ini membuat protein terbuka menjadi bentuk linear dan selnjutnya diselubungi muatan negatif yang mengizinkannya untuk berpindah  menuju medan bermuatan positif pada gel dan terpisah. Akhirnya, setelah molekul DNA, RNA, atau protein terpisah menggunakan elektroforesis gel, pita (band) yang menunjukkan ukuran berbeda tiap molekul dapat dideteksi.

Sumber: https://www.nature.com/scitable/definition/gel-electrophoresis-286

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s