Resistensi Antibiotik: Sumber, Penyebab, Mekanisme, dan Pencegahan (Bag. I)

Artikel ini merupakan terjemahan dari situs: http://microbeonline.com/antibiotic-resistance-origin-causes-mechanism/

Antibiotik merupakan agen terapetik utama yang digunakan untuk mengobati berbagai jenis infeksi bakteri. Namun hari ini, semakin banyak antibiotik yang menjadi kurang efektif. Hal ini disebabkan oleh resistensi antibiotik yang berkembang di dalam tubuh bakteri sebagai akibat dari penggunaan dan penyalahgunaan antibiotik. Resistensi antibiotik merupakan kemampuan yang didapatkan oleh bakteri untuk menolak efek antibiotik, yang pada kondisi normal bakteri tersebut rentan. Ini terjadi ketika bakteri berubah dalam sebuah mekanisme yang menyebabkan berkurangnya efikasi antibiotik tersebut. Dengan demikian, bakteri dapat terus berkembang biak walau berada pada kadar terapetik antibiotik.

Bakteri yang resisten menghancurkan antibiotik atau menetralisir efeknya. Resisten antibiotik dikodifikasi oleh bakteri baik pada kromosomnya maupun plasmid.

Bakteri yang resisten terhadap multipel antibiotik (antibiotik ganda)  biasa disebut dengan bakteri Multidrug Resistant (MDR) atau superbug.

Setiap organisme hidup berusaha untuk selamat. Jika suatu organisme beradaptasi terhadap lingkungan yang berubah, ia akan selamat; dan jika tidak, ia mati. Ketika suatu bakteri secara konstan mengadakan kontak dengan antibiotik, beberapa bakteri mengembangkan mekanisme resistensi. Dengan demikian, resistensi antibiotik adalah sebuah fenomena alami.

Tekanan Seleksi

Selection-Pressure-Antibiotic-Resistance-768x270

Dimungkinkan sangat sedikit bakteri yang resisten terhadap antibiotik dalam sebuah populasi besar bakteri. Antibiotik, dalam paparannya, membunuh semua bakteri yang rentan. Hal ini mengarahkan pada tekanan selektif untuk bakteri resisten yang selamat. Kini, bakteri resisten mampu memperbanyak diri secara cepat, meningkatkan lebih banyak jumlah bakteri yang resisten. Sebagai tambahan, bakteri resisten juga mentransfer gen resistennya pada bakteri yang rentan. Satu bakteri resisten di antara jutaan bakteri tidak akan menyebabkan kefatalan. Masalah timbul ketika ia mentransfer gen resistennya pada bakteri lain yang akhirnya membuat bakteri resisten menjadi mayoritas.

Beberapa Cara Bakteri Memperoleh Gen Resisten

Ways-of-Gaining-Antibiotic-Resistance

Bersambung

References

1. Madigan MT, Martinko JM (2006). Brock Biology of Microorganisms. 11th edn. Pearson Educational International. pp. 692-698.
2. https://en.wikipedia.org/wiki/Antimicrobial_resistance
3. Pelczar MJ, Chan ECS, Krieg NR (2007). Microbiology. 5th edn. Tata McGraw-Hill. pp. 531-532.
4. Hugo WB and Russel AD (2004). Pharmaceutical Microbiology. 7th edn. Blackwell Scientific Publications, UK. pp. 220-232.
5. http://www.who.int/mediacentre/factsheets/fs194/en/
6. http://emerald.tufts.edu/med/apua/about_issue/about_antibioticres.shtml

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s