Apa Itu Mikroorganisme?

Sumber: Microbiology demistified, Penerbit: The McGraw Hill

Mikroorganisme adalah subjek dari mikrobiologi yang merupakan cabang sains yang mempelajari mikroorganisme. Suatu mikroorganisme dapat berupa satu sel atau kumpulan sel yang dapat dilihat hanya dengan menggunakan mikroskop. Mikroorganisme disusun menjadi enam cabang studi: bakteriologi, virology, mikologi, fikologi, protozoologi, dan parasitologi.

Bakteriologi

Bakteriologi adalah ilmu yang mempelajari tentang bakteri. Bakteri merupakan organisme prokariotik. Organisme prokariotik adalah organism sel tunggal yang tidak memiliki nucleus sejati. Banyak bakteri menyerap nutrisi dari lingkungannya dan beberapa membuat nutrisinya sendiri dengan melakukan fotosintesis atau proses sintesis yang lain. Beberapa bakteri dapat bergerak bebas di lingkungannya dan beberapa lainnya bersifat statis. Bakteri menempati ruang di daratan dan dapat hidup pada lingkungan akuatik dan bahan-bahan yang membusuk. Mereka dapat menyebabkan penyakit. Bacillus anthracis adalah contoh yang baik. Ia merupakan bakteri penyebab anthrax.

Virologi

Virologi adalah studi tentang virus. Virus merupakan partikel submikroskopik, parasitic, aselular yang terdiri dari asam nukleat sebagai inti yang dikelilingi oleh selubung protein. Parasitik aselular berarti bahwa virus menerima makanan dan tempat tinggal dari organism lain serta tidak terbagi menjadi sel. Salah satu contoh virus adalah virus varicella zoster (Gambar 1-3), virus ini menjadi penyebab cacar air pada manusia.

computer-illustration-of-varicella-zoster-virus-particles-the-cause-hn2kkg

Gambar 1-3. Virus varicella-zoster penyebab cacar air

Mikologi

Mikologi adalah studi tentang fungi. Fungi merupakan organisme eukariotik, biasanya berukuran mikroskopik dan menyerap nutrisi dari lingkungan di sekitarnya. Fungi tidak berfotosintesis. Organisme eukariotik adalah organisme yang memiliki inti sel (nucleus), sitoplasma, dan organel-organel lain. Organisme yang termasuk dalam kelompok ini adalah khamir (ragi) dan beberapa jamur. Kaki atlet yang disebabkan oleh Tinea pedis adalah salah satu contoh fungi.

Fikologi

Fikologi adalah studi tentang alga. Alga merupakan organism eukariotik fotosintetik yang mampu mengubah sinar matahari menjadi nutrisi menggunakan fotosintesis. Mikroorganisme eukariotik fotosintetik adalah organism yang memiliki inti sel (nukleus), selubung inti (nuclear envelope), sitoplasma, dan organel lain serta mampu melakukan fotosintesis.

Protozoologi

Protozoologi adalah ilmu yang mempelajari tentang protozoa, mikroorganisme sel tunggal yang mirip hewan dan dapat ditemukan pada lingkungan berair. Banyak di antara protozoa yang mendapatkan makanannya dengan cara memangsa atau memakan organism yang lebih kecil di sekitarnya. Protozoa ditemukan pada lingkungan berair dan terrestrial. Contohnya adalah Amoeba proteus.

Parasitologi

Parasitologi adalah ilmu yang mempelajari tentang parasit. Parasit ialah organism yang hidup menumpang pada organisme lain atau yang disebut inang. Parasit yang menyebabkan penyakit disebut pathogen. Contoh parasit adalah bakteri, virus, protozoa, dan banyak hewan seperti cacing, flatworm, arthropoda (serangga).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s