Jenis Mikroorganisme

BAB I Dunia Mikrobiologi

Buku: Microbiology Demistified

Penerbit: The McGraw Hill Comp.

Mikroorganisme Tak Bersahabat

Sebuah infeksi disebabkan oleh masuknya mikroorganisme penyebab penyakit yang dikenal sebagai mikroorganisme patogen. Beberapa mikroorganisme patogen menginfeksi manusia, tetapi tidak hewan atau tumbuhan. Beberapa juga yang menginfeksi hewan dan tumbuhan, menginfeksi pula manusia.

Mikroorganisme patogen membuat headline dan memiliki peran penting dalam sejarah! Penembak legendaris, John “Doc” Holliday merupakan seorang yang terkenal karena petualangannya di the Wild West. Dia menembakkan peluru yang tak terhingga, menunjukkan bahwa dia adalah yang terbaik dari yang terbaik ketika itu menyangkut perang senjata. Tetapi, Mycobacterium tuberculosis merenggut nyawa Doc Holliday secara diam-diam, tanpa menembakkan apa-apa. Mycobacterium tuberculosis adalah bakteri penyebab tuberkulosis. Bakteri ini mempengaruhi jaringan paru-paru ketika tetesan sekret respirasi atau partikel sputum kering dari seseorang yang terinfeksi oleh penyakit ini dihirup oleh orang yang sehat.

mycobacterium_tuberculosis_14313982_1
Mycobacterium tuberculosis

Yersinia pestis hampir menaklukkan Eropa pada abad ke-14 dengan bantuan kutu. Yersinia pestis merupakan organisme yang menyebabkan Black Plague dan membunuh lebih dari 25 juta orang Eropa! Kamu bisa mengatakan bahwa Yersinia Pestis meluncurkan serangan diam-diam. Awalnya, kutu terinfeksi dibawa menuju area berpopulasi di punggung tikus got. Tikus bepergian melalui kapal dan kemudian mendarat untuk mencari makanan. Kutu melompat dari tikus dan mengigit manusia, mentransmisikan mikroorganisme Yersinia pestis ke dalam pembuluh darah manusia.

Untuk mencegah penyebaran Yersinia pestis, pelaut yang memasuki pelabuhan Sicily harus menunggu 40 hari sebelum meninggalkan kapal. Ini memberikan waktu untuk para pelaut menunjukkan gejala yang disebut  Wabah Maut (Black Plague) jika mikroorganisme Yersinia pestis telah menginfeksi mereka. Warga sicilia menyebutnya quarantenaria (karantina). Pelaut yang tidak menunjukkan tanda-tanda ini tidak terinfeksi dan bebas mendarat.

Pelancong dan peserta kemah biasanya bersama dengan Giardia lamblia, Escherichia coli, atau Entamoeba histolytica kapanpun mereka mengunjungi negara tropis. Pelancong biasanya yang terinfeksi tidak mati tetapi mengalami diare hebat.

Halaman: 3-4, Microbiology demistified

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s