Dunia Mikroorganisme

BAB I Dunia Mikroorganisme

Dari buku: Microbiology Demistified

Penerbit: The McGraw Hill Comp.

Mikrobiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang mikroorganisme, yaitu organisme sangat kecil yang hidup di sekitar kita dan di dalam tubuh kita. Suatu organisme adalah makhluk hidup yang memakan dan memecah makanan menjadi energi dan nutrisi, mengeksresikan makanan yang tidak dapat dicerna sebagai buangan, dan mampu bereproduksi. Kamu adalah organisme, begitupula anjing, kucing, serangga, dan berbagai makhluk yang kamu lihat tiap harinya.

Suatu mikroorganisme secara sederhana adalah organisme yang sangat sangat kecil sehingga kamu tak mampu melihatnya dengan mata telanjang, tetapi kamu tentu merasakan efeknya kapan saja matamu penuh dengan air dan mukus mengalir seperti keran terbuka dari hidungmu. Kamu menyebutnya demam flu. Sebenarnya, saat itu, kamu sedang dikepung oleh sekomplotan mikroorganisme yang menyerang membran di dalam tubuhmu. Mata yang berair dan hidung yang beringus adalah cara kamu memerangi mikroorganisme itu dengan mengusirnya keluar tubuhmu.

Mikroorganisme adalah komponen kunci dari perang biologis bersama dengan kimia yang mengganggu homeostasis. Serangan anthrax yang diikuti serangan teroris 9/11 secara jelas mengilustrasikan bagaimana sedikit saja debu anthrax di dalam sebuah amplop dapat mematikan orang-orang dalam sebuah bangunan. Anthrax adalah penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme yang bernama Bacillus anthracis, bakteri yang berbentuk endospora dan menginfiiltasi tubuh melalui pencernaan, kontak kulit, dan inhalasi. Endospora adalah bakteri dalam keadaan dorman yang terbentuk dalam sel.

Untungnya, insiden serangan biologis menggunakan mikroorganisme terbilang jarang. Bagaimanapun, ada ribuan mikroorganisme di sekitar kita yang sama mematikan dan melemahkan sebagaimana mikroorganisme yang digunakan dalam perang sepanjang sejarah.
Halaman:1-2, Microbiology demistified

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s