FDA: Serba-serbi MSG

Apa itu MSG?

Monosodium glutamate (MSG) adalah garam natrium dari asam amino, asam glutamat. Asam glutamat secara alamiah terdapat dalam tubuh kita, dan dalam banyak makanan serta bahan tambahan makanan.

Bagaimana MSG dibuat?

MSG terbentuk secara alamiah dalam banyak makanan seperti tomat dan keju. Orang-orang di seluruh dunia telah memakan makanan kaya glutamat sepanjang sejarah. Sebagai contoh, makanan khas bersejarah pada komunitas Asia merupakan seaweed broth (kuah/cairan rumput laut) yang kaya glutamat. Pada tahun 1908, profesor Jepang yang bernama Kikunae Ikeda berhasil mengekstraksi glutamat dalam cairan ini dan memutuskan bahwa glutamat menghasilkan rasa yang gurih pada sup. Profesor Ikeda kemudian mematenkan hasil penelitiannya untuk memproduksi MSG dan memproduksi untuk kepentingan komersial yang dimulai pada tahun berikutnya.

Hari ini, selain mengekstraksi dan mengkristalisasi MSG dari cairan rumput laut, MSG diproduksi dengan fermentasi tepung, bit gula, tebu, atau tetes tebu.

Apakah MSG aman dikonsumsi?

FDA mengakui tambahan MSG pada makanan sebagai “secara umum diakui aman” atau “generally recognized as safe” (GRAS). Walaupun banyak orang menyatakan bahwa mereka sensitif terhadap MSG, pada studi dengan individu serupa yang diberikan MSG atau plasebo, ilmuwan tidak dapat secara konsisten memicu reaksi.

Apakah “glutamat” pada produk berarti mengandung gluten?

Tidak- glutamat atau asam glutamat sama sekali tidak berhubungan dengan gluten. Seseorang dengan penyakit celiac (Penyakit celiac adalah kondisi di mana pencernaan seseorang mengalami reaksi negatif saat mengonsumsi gluten) bisa jadi bereaksi terhadap tepung yang terdapat dalam saus kecap, tetapi bukan karena MSG dalam produknya.

Apakah perbedaan MSG dan glutamat dalam makanan?
Glutamat dalam MSG secara kimia tak dapat dibedakan dengan glutamat yang terdapat dalam protein makanan. Tubuh kita pada akhirnya akan memetabolisme kedua sumber glutamat dengan cara yang sama. Pada individu dewasa rata-rata mengonsumsi sekitar 13 gram glutamat tiap harinya dari protein pada makanan, sementara asupan dari MSG tambahan sekitar 0,55 gram per hari.
Bagaimana saya tahu makanan saya mengandung MSG?
FDA mengarahkan bahwa makanan yang mengandung MSG menambahkan daftar MSG pada daftar komposisinya di kemasan makanan sebagai monosodium glutamat. Bagaimanapun, MSG juga terbentuk secara alamiah pada komposisi seperti protein nabati terhidrolisis, ragi yang terautolisis, ekstrak ragi,  ragi terhidrolisis, ekstrak kedelai, isolat protein, sebagaimana tomat dan keju. Sementara FDA mengarahkan agar produk-produk ini didaftar pada daftar komposisi, produsen/agen tidak harus melabel hingga merincikan bahwa komposisi ini adalah MSG alami. Bagaimanapun, makanan dengan bahan-bahan yang secara alami mengandung MSG tidak dapat diklaim sebagai “No MSG” atau “Tidak ada tambahan MSG” pada kemasannya. MSG juga didaftarkan sebagai “perasa dan pembuat gurih”.
Sudahkah FDA menerima laporan efek samping yang berhubungan dengan MSG?
Selama beberapa tahun ini, FDA telah menerima laporan simptom atau gejala semisal sakit kepala dan nausea setelah memakan makanan mengandung MSG. Bagaimanapun, kami tidak bisa memastikan bahwa MSG-lah penyebab efek samping tersebut.
Laporan efek samping ini membantu FDA untuk meminta pada sekelompok ilmuwan independen Federation of American Societies for Experimental Biology (FASEB) untuk menguji keamanan MSG pada tahun 1990-an. Laporan FASEB menyimpulkan bahwa MSG aman dikonsumsi. Laporan FASEB mengidentifikasi beberapa gejala jangka pendek, temporer hingga secara general gejala yang sedang; seperti sakit kepala, keram, rajin BAK/BAB, merasa geli, berdebar-debar, lelah yang dapat terjadi pada beberapa individu yang mengonsumsi 3 gram atau lebih MSG tanpa makanan lain. Bagaimanapun, makanan yang disajikan yang mengandung MSG memiliki kandungan kurang dari 0,5 gram MSG. Mengonsumsi lebih dari 3 gram tanpa makanan sepertinya kurang memungkinkan/tidak biasa.
Sumber: laman resmi FDA, di-update terakhir kali pada 22 Juli 2014
Semoga bermanfaat 🙂
Iklan

Satu pemikiran pada “FDA: Serba-serbi MSG

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s