Mengenal Tanaman: Abrus precotarius L.

Highlight2_Abrus-precatoriusBAbrus precotarius L

Abrus precotarius L. (Daun saga), tanaman pertama pada Materia Medika edisi pertama. Daun ini merupakan famili leguminosae dan memiliki banyak nama lain. Jangankan dari Indonesia, nama Internasionalnya juga banyak, bro. Di antaranya Crab’s eye, Jequirity bean, Rosary pea. Kalo di Indonesia mungkin lebih akrab tanaman saga kali yah?

Resiko utama mengkonsumsi tanaman ini adalah gastroenteritis parah yang menyebabkan shock dan dehidrasi. Bagian paling beracunnya adalah di bijinya dengan nama toksin abrin. Tapi yang namanya obat itu juga asalnya dari toksin (tergantung dosis), biji tanaman ini juga digunakan untuk mengobati diabetes dan nefritis kronis.

Tanaman ini juga secara tradisional digunakan untuk pengobatan secara topikal seperti luka gigitan anjing, luka gores, dan dengan bahan lain bisa digunakan untuk mengobati leukoderma.

Suku di Afrika juga ternyata menjadikan biji tanaman ini serbuk dan digunakan sebagai alat kontraseptif.
Lucunya, di India, tanaman ini juga dimakan.

Nah, usut punya usut, tanaman ini lebih stabil dan kurang toksik jika dikonsumsi oral dibandingkan injeksi (suntik, read). Tapi, bagaimanapun, satu biji aja udah toksik bahkan untuk orang dewasa, apalagi anak-anak. Dan antidote-nya (jequiritol) udah nggak tersedia.

Boleh dibilang salah satu tanaman yang berbahaya ya tapi bijinya aja sih yang paling fatal. LD50= 0,02 mg/kgBB pada mencit.

Yang penting diketahui dari tanaman ini adalah karena tanaman ini sangat banyak di sekitar dan anak-anak biasanya (terutama di daerah) senang main-main dengan tanaman ini sehingga proteksi dari bijinya jangan sampe diemut-emut apalagi sampe ditelan.

info lebih lanjut dari http://www.inchem.org/documents/pims/plant/abruspre.htm

Nah, orang Afrika ternyata buat kalung, lho, dari bijinya!

abrus p-seed

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s