Bicara Ujian ABI kemarin

Kemarin, tepatnya Jum’at 5 Juni 2015, laboratorium mikrobiologi dasar melaksanakan ujian aktif. Sayangnya hasil ujian ABI alias aktivitas Biokimia kemarin kurang memuaskan. Jadi, kalau ada yang penasarang ‘pasangan-pasangan’ di Uji ABI apa? Nih jawabannya:

CAM00023CAM00024

Uji TSIA alias triple sugar iron agar test. Kalau yang ini sih lumayan sering kepilih gambarnya dan lumayan tahu tentang prinsip dasarnya.

CAM00025

Nah, ini nih yang paling sering disalahpahami (eh?). Yah, kasian lah yah Uji Voges-Proskauer ini sering dikira uji Indol. Ya, uji MR (Methyl red), VP (Voges Proskauer), dan Indol memang kembar 3, sama-sama atasnya merah; khusus indol dan VP membentuk cincin. Tapi yang namanya anak kembar, tetap saja sifatnya nggak sama. Dalam hal ini, reagen warnanya. Kalo temen-temen belum tahu reagen barrit itu apa, reagen barrit itu berisi alfa-naftol dan KOH. Kalo alfa-naftol dan KOH di uji VP, pasti pada ‘ngeh. Kalau indol pake reagen Kovac yang isinya 4-(p)-dimethylaminbenzaldehide, sedangkan uji MR yah pake methyl red.

CAM00031
ini nih uji MR
CAM00030
Ini ya uji Indol

CAM00027

Nah, kalo ini juga sering banget kepilih tapi sayangnya nggak ada yang tahu. Kasihan sekali ya. Memang dalam keluarga IMViC, si C ini lah yang beda sendiri, kakaknya yang atas mirip-mirip, eh dia malah beda sendiri hasil positif dan warna mediumnya. Yang perlu diingat di uji ini sebenarnya karena dia juga pake indikator BTB alias bromtimol biru yang akan berubah dari hijau menjadi biru (+) dalam suasana basa. Yup, karena di uji sitrat ini, penggunaan sitrat oleh bakteri malah akan menggeser pH menjadi basa karena kelebihan natrium bikarbonat.

CAM00028

Hohoho, kalo yang ini juga beberapa kali kepilih dan senang banget karena hampir semuanya bisa jawab dengan baik. Well, tentang uji ini juga sempat ku posting di situs ini kan. Di sini.

CAM00032

Kalo ini udah tahu ‘kan?! Yang nggelembung-gelembung tanpa perlu medium. Ya, uji katalase.

CAM00033 CAM00034

Nah, untuk kedua uji di atas juga sering ketukar. Yang kiri, hidrolisis polisakarida. Penandanya sebenarnya karena ada zona bening di antara lingkungan yang gelap (Gelap ‘kan?). Gelapnya itu karena medium yang telah digores m.o ditambahkan iod. Iod akan membentuk kompleks berwarna biru dengan polimer amilum atau pati. Sedangkan di sebelahnya itu hidrolisis casein. Penandanya ya sama zona bening, tetapi, di lingkungan medium yang berwarna putih atau kuning pucat, dan tanpa penambahan apa-apa.

CAM00035

Kalo ini lupa dibuatkan kartu nama dan prinsipnya. Nggak niat diskriminasi sih, cuman lupa. Kalo ini sebenarnya uji diferensiasi (khususnya gram negatif). Entahlah sudah ku post di sini atau belum. Intinya, Gram (+) susah bisa tumbuh di medium MacConkey ini sebab medium ini mengandung kristal violet yang menghambat pertumbuhan gram positif. Karena nggak termasuk di Presscott, kuambil dari Difco.

Nah, segitulah saja jawaban ujian aktif ABI kemarin. Semoga manfaat. 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s