BurnOut tapi Bukan Kebakaran

burnout-run

Pernah dengar tentang burnout???

Atau pernah dengar ‘kan kalau stress bisa menyebabkan penyakit??

Ternyata eh Ternyata… si Burnout adalah penyakit yang bukan disebabkan oleh infeksi, bukan disebabkan oleh obesitas, bukan disebabkan karena kurang nutrisi; tapi penyebab utamanya adalah STRESS!

Lalu, apa sih burnout itu? Yang karenanya, Bisnis di Amerika kehilangan 300 miliar dollar karena kurang produktif.

burnout1

Burnout adalah istilah psikologis yang mengarah kepada kelelahan hebat jangka panjang dan hilangnya ketertarikan dalam pekerjaannya.

Asal muasalnya alias akar masalah dari penyakit ini adalah stress yang kronik alias stress yang sudah berlangsung lama. Tapi, tenang, ada 6 cara sederhana yang akan tulisan ini paparkan untuk mencegah burnout. Nggak pengenkan produktivitas kita berkurang dan akhirnya akan berimbas juga pada lingkungan kita…

Sebelum itu, yuk kenali dulu tanda-tanda burnout:

tumblr_nfigqw3Iz91qhejy8o3_1280

  1. Susah tidur
  2. Sering sakit
  3. Bekerja keras dan perasaan seperti tenaga terkuras tapi produktivitas tidak meningkat
  4. Mudah lupa
  5. Kehilangan selera dan merasa apatis (putus asa)
  6. Depresi
  7. Mudah tersinggung dengan rekan kerja, teman, dan keluarga

Nah, ini nih saran yang ditawarkan oleh Thesimpledollar untuk penyakit ini:

tumblr_nfigqw3Iz91qhejy8o4_12801.  Tidurlah yang Cukup

Simtom atau gejala utama yang muncul akibat dari burnout adalah susah tidur atau gangguan tidur.

Orang-orang yang kerja kantoran alias kerjanya duduk tapi menguras pikiran dan juga mereka yang kerja di bawah tekanan mental biasanya “sangat peka bahkan terhadap kehilangan waktu tidur yang sedikit”.

Penelitian dari Militer US, kehilangan sejam waktu tidur setiap harinya selama sepekan akan menyebabkan degradari kognitif yang ekivalen atau setara denga 0,10 BAC yang ternyata lebih tinggi dari batas mengendarai legal yaitu 0,08 BAC.

(Yup, orang Amerika punya batas ‘kesadaran’ untuk menyetir).


tumblr_nfigqw3Iz91qhejy8o5_r1_12802. Olahragalah

Hehe, bagi yang nggak suka olahraga kayaknya bakalan mengernyitkan dahi, ya? Tapi, hey, olahraga mampu membuat kita terhindar dari burnout lho!

Olahraga membantu menstimulasi otak dan mempertahankan kesehatan secara biologis.

Dan lagi, ternyata olahraga akan membuat endorfin dilepaskan dalam sistem tubuh yang akan membuat mood lebih baik dan nyaman serta bersemangat.

Ternyata olahraga juga punya korelasi yang kuat dengan mengurangi stress.

Nggak usah muluk-muluk deh, cukup 20 menit tiap hari asal kontinyu. (Pukulan bagi diriku juga, nih, hehe).


tumblr_nfigqw3Iz91qhejy8o6_r1_1280 3. Pandangan yang Hijau

Kalau yang ini sih kayaknya enak banget kok dilakukan. Memandang yang hijau-hijau. Mau ke taman kek, gunung kek, laut kek (eh laut biru, ya?), hutan lindung kek. Apa aja deh!

Studi menunjukkan bahwa orang-orang yang menghabiskan lebih banyak waktu dalam lingkungan yang hijau seperti taman dkk ternyata kadar kortisol yang menyebabkan stressnya juga lebih rendah. Ha!

Ya, hijau membantu menurunkan kadar si hormon yang menyebabkan stress, yay!


tumblr_nfigqw3Iz91qhejy8o7_r1_1280

4. Beristirahatlah sejenak

Intinya istirahat atau break 5-10 menit tiap jam akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas.








tumblr_nfigqw3Iz91qhejy8o8_r1_1280

5. Kerja 40 jam sepekan

Biasanya kita akan menghabiskan hampir seluruh waktu kita di tempat kerja, dari pagi hingga menjelang malam yang jika dihitung-hitung menjadi 63 jam atau minimal bisa sampe 50an jam sepekan.

Penelitian di Amerika telah membandingkan jika waktu kerja cukup 40 jam saja sepekan dan ternyata produktivitasnya meningkat!


tumblr_nfigqw3Iz91qhejy8o9_r1_1280

6. Berliburlah

Nah yang terakhir, berliburlah…

Berlibur membuat kita:

Menurunkan keluhan, tidur lebih nyenyak, stress berkurang, mood jadi baik.


Nah… apakah tips tersebut manjur? Silakan Anda coba sendiri. Tapi, ada satu tips yang tidak mereka sebutkan.

BERDO’ALAH di dalam shalat, ibadah, dan sebagainya. Sebab ketergantungan kita terhadap Tuhan yang Maha esa dan Maha Kuasa akan membuat stress kita berkurang. Wudhu’ juga membuat kita lebih tenang. Apalagi baca qur’an!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s