Uji ABI: Uji Pencairan Gelatin

Nah, masih lanjutan edisi Uji Aktivitas Biokimia, kali ini saya akan nge-post tentang Uji Pencairan Gelatin.

Tahu gelatin ‘kan? Iya, gelatin juga biasanya ada di ikan, dan menjadi bahan utama pembuatan cangkang kapsul. Gelatin itu terdiri atas struktur kolagen yang juga dimiliki oleh tubuh kita! Ternyata, ada juga mikroba yang bisa mencairkan gelatin. Hiks. Meleleh dong cangkang kapsulnya?Uji Pencairan Gelatin

Praktikum ini untuk menunjukkan kepada mahasiswa bagaimana membedakan bakteri berdasarkan kemampuannya memproduksi enzim gelatinase. Author atau penulis buku Laboratory Exercises in Microbiology memilih 3 jenis bakteri dalam praktikum ini. Enterobacter aerogenes adalah bakteri gelatinase positif, tetapi sebagian besar strain sangat lambat dalam mencairkan gelatin. Kontrasnya, Proteus vulgaris juga gelatinase positif tetapi mencairkan gelatin sangat cepat. Sedangkan Escherichia coli adalah gelatinase negatif.

Medium yang digunakan adalah Nutrient Gelatin.

Komposisi medium:

Perkiraan formula per liter
Beef Extract………………………………………………………… 3.0 g
Peptone…………………………………………………………….. 5.0 g
Gelatin…………………………………………………………… 120.0 g

Prinsipnya:

Ketika dididhkan dalam air, jaringan pengikat kolagen (yang tidak larut, tidak dapat dicerna, dan berserabut) akan berubah menjadi kolagen, sebuah campuran polipeptida yang larut. Beberapa bakteri dapat menghidrolisis gelatin dengan mensekresi enzim proteolitik yang disebut gelatinase. Asam amino hasil hidrolisis ini kemudian digunakan oleh bakteri sebagai nutrisinya. Karena gelatin sudah dihidrolisis, gelatin tidak lagi mampu membentuk gel, malah menjadi liquid (cair). Kemampuan beberapa bakteri untuk menghidrolisis gelatin sangat penting dalam diferensiasi bakteri ini. Contohnya, Clostridium perfringens akan mencairkan gelatin jika beraa dalam medium gelatin,sementara Bacterioides fragilis tidak.

Hidrolisis gelatin juga dapat digunakan untuk mengetahui patogenisitas suatu bakteri. Produksi gelatinase dapat dihubungkan dengan kemampuan si bakteri merusak jaringan kolagen dan menyebar dalam tubuh inang. Well, tubuh kita ini mengandung banyak kolagen yang sangat dibutuhkan, mulai dari jaringan kulit, tulang, dan sebagainya! Nah, pencairan gelatin dapat diuji dengan menusukkan bakteri (menggunakan ose) ke medium nutrien gelatin. Setelah diinkubasi, kultur kemudian dimasukkan ke dalam kulkas atau ice bath bersuhu 4°C hingga bagian bawah medium gelatin memadat kembali.

Jika gelatinnya sudah terhidrolisis, medium akan tetap cair bahkan setelah didinginkan di kulkas; dan sebaliknya. Waktu inkubasinya bisa sampe 14 hari, lho!!

Hydrolysis of Gelatin

Iklan

5 pemikiran pada “Uji ABI: Uji Pencairan Gelatin

    1. iya, ada. Tiap Uji aktivitas biokimia ada uji cepat yang disebut KEY Rapid Test. Jadi tinggal menggunakan strip, terus mengamati perubahan warna (kayak uji di biokimia). Untuk uji gelatin sendiri, warna biru berarti positif. (Sumber: Laboratory Exercises in Microbiology by Harley Presscott)

      Suka

  1. Ping-balik: Bicara Ujian ABI kemarin | blueskypharmacy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s