Sejarah + Anak Muda + Farmasi = ?

Apa kabar semuanya hari ini???

Well, sebelum membahas topik kali ini, aku ingin berbagi quote. Cieh… Hehe. ^^v

“Hatimu boleh panas, tetapi pikiranmu haruslah dingin”

Ada yang tersentuh???

Hehe, padahal maknanya dalam lho. Mendengar sekali saja, kata-kata itu tidak bisa keluar dari kelapa  kepalaku!! ^o^

Baiklah, Ngomong-ngomong, apakah teman-teman sekalian sering melihat fenomena remaja zaman sekarang???

Karena sekarang aku sudah di bangku kuliah akhir-akhir, ini mungkin terjadi sekitar 4 tahun lalu saat aku masih di bangku SMA. Nggak usah muluk-muluk lihat orang lain, lihat diriku sendiri saja, hehe.

Yah, ini berkaitan dengan ketertarikan anak remaja zaman sekarang dengan sejarah.

Hehe. Memang sepertinya remaja sekarang kurang tertarik dengan sejarah. Apapun itu. Yah, sangat sedikit presentasi remaja yang menyenangi mata pelajaran ini. WALAUPUN, sebenarnya di blog ini aku tidak membahas mata pelajaran SMA.

Ada hal yang kusadari saat di bangku kuliah dan juga belakangan saat memasuki masa-masa akhir ini. Dan tentang itulah ini kubahas. YUP!

Menurut salah satu survey di salah satu sekolah, pelajaran sejarah memegang predikat sebagai mata pelajaran dengan nilai terendah. Dan telah ada yang membahas penyelesaiannya. Well, ini memang masalah dalam bangsa ini dan menjadi masalah pula bagi pihak-pihak berwenang yang berkaitan dengan peningkatan pendidikan bangsa. Mendidik anak bangsa, juga perlu mengajarkan mereka sejarah.

Apa kaitannya dengan masa kini setelah bergelut dengan SCIENCE? Farmasi kan nggak belajar sejarah??

THINK

Benarkah Farmasi tak berkaitan dengan sejarah? Lucu sekali jika jawabannya adalah “ya”. Yang tidak mengaitkan antara Farmasi dan Sejarah adalah Mahasiswanya. Maka pertanyaannya adalah:

“Apakah masiswa farmasi tidak mengaitkan sejarah?” Nah ini jawabannya, sebagian besar sayangnya ya.

Farmasi hari ini ada pun karena sejarah yang membentuknya. Dan pola pikir ilmiah yang HARI INI kita dituntun ke arahnya dalam mata kuliah-mata kuliah kita (yang sebagian besar merasa bosan), juga dibentuk dari sejarah. Masih ingat ‘kan bagaimana awalnya Farmasi ini terbentuk? Maksudku, sebagai satu bidang ilmu khusus dalam cakupan kesehatan.

Ya, yang awalnya Farmasi dan Kedokteran berada dalam satu bidang ilmu hingga di abad ke-17, terpengaruh dengan bangsa Arab yang telah memisahkan praktik kefarmasian dan kedokteran akhirnya negara-negara Eropa pun memisahkan Farmasi dari kedokteran oleh Sir King James I.

Walaupun sebelumnya pun ilmu farmasi telah berkembang, dengan pemisahan ini pengembangan yang lebih fokus pun berlangsung hingga saat ini. Ilmu pengetahuan itu menarik sebab ia dinamis, ‘kan??

Lalu, Apa Pentingnya Tahu Ini??? Toh Hellooo, kita nggak bakal diujiankan tentang ini dan juga kita nggak mudah menghafalkan apapun yang terjadi di masa lalu.

Well, jawabanku cuman 1:

Pola pikir bagaimana yang mengembangkan Ilmu Pengetahuan

Mungkin bisa dibuka lagi tulisanku tentang New Atom, Is That Possible?

Pemikiran ini muncul setelah aku membuka kembali lembaran sejarah tentang unsur. Bahwa unsur ditemukan karena rasa ingin tahu dan terus-terus mencari berdasarkan asumsi dan hipotesis yang logis. Makanya orang-orang luar (katanya) maju dalam IPTEKS. Dan seperti sebuah tuntunan beruntun karena semester ini saya mengulang mata kuliah Wawasan IPTEKS. Bagi mereka mungkin kuno sekali kalau mengulang mata kuliah ini, tapi saya bersyukur, dosen yang saya dapatkan kali ini sangat membuat saya bersemangat. Terlebih, kaitan pelajarannya dan farmasi pun sinergis.

Ya, jawaban itu lebih dari cukup untuk menstimulasi kita mengetahui sejarah sebelum melangkah lebih jauh.

Bagaimana mereka menemukan, menginventasi, dan bahkan mendapatkan nobel atas penelitian dan pikiran mereka? Apa motivasi mereka? Bagaimana mereka melihat sesuatu?

Tidak perlu tanya mereka makan apa. Karena mereka makan apa yang kita makan.

Sejarah membuat kita memahami pengorbanan

Sejarah membuat kita belajar kesalahan

Sejarah membuat kita menatap ke depan

Sejarah membentuk kita

Dan kita akan membentuk sejarah

Saya ambil dari blog terakhirku di bluesky-pharmacy.blogspot.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s